Thursday 19 October 2017

EKSPEDISI HIMITEKA IV (Pulau Genteng dan Pulau Macan kecil)

Halo semua, ketemu lagi sama gue kalo lo emang ngikutin cerita gue. Yang gak ngikutin, mungkin bisa liat berurutan dari pas hari keberangkatan, hari kesatu, dan harikedua+ketiga.
Map by Yustie!
Jadi, kali ini gue mau cerita tanggal 30 Agustus 2017 di saat gue ekspedisi ke Pulau Genteng. Hari ini, 4 orang yang menyusul datang, dan 2 diantaranya adalah anak pemetaan. Tapi mereka nggak langsung ambil data pemetaan karena mereka datangnya siang jadi ribet tuker-tuker orang. So, mereka bantu anak Oseano yang alatnya akhirnya datang.

Seperti biasa, paginya gue kebagian garis pantai lagi bareng Dwi. Siangnya barulah kami berpanas-panas menghitamkan kulit ke tubir untuk ambil data bentik. Di sini gue ikutan bantuin. Juga di sinilah semua keeksotisan gue terlihat (baca: belang). Di deket pantai, pemandangan lautnya cuma alga, rubble, pasir, sedikit lamun, sedikit karang hidup, sedikit karang mati, dan sponge. Tapi begitu mencapai tengah, mulai ketemu bulu babi. Sumpah gue panik banget pas gue berenang di atas bulu babi. Bayangin itu duri-durinya deket banget sama badan gue, itu dangkal banget dan gue ngambang di atasnya berusah untuk gak kena. Itu depan mata banget, rasanya 10 sentimeter lagi mungkin gue udah ketusuk. Bahkan Reki sempet ketusuk kakinya.

Di samping itu, setelah mencapai tubir, di antara laut yang warna hijau dan biru. Gila, keren banget coy, karang hidupnya tuh bagus, berwarna, beragam, keren, suka. Gue betah di tubir. Walaupun hanya mengandalkan ADS berupa masker, sorkel, dan fins, gue udah cukup puas. Seandainya ada scuba set. Ah, betapa beruntungnya yang kebagian pengambilan data terumbu karang.

Setelah ambil data bentik, kita balik ke deket dramaga. Tadinya gue ngajakin yang lain supaya kita balik ke dermaga dengan berenang di sepanjang tubir. Tapi, berhubung mereka yang ambil data bentik dari pagi udah capek parah, jadi kita berjalan kaki saja. Sesampainya, gue langsung ajakin mereka berenang di dermaga. Anak-anak cowok saling nunjukin gaya keren melompat dari dermaga. Yang gak mau turun diceburin, bahkan yang udah mandi diceburin lagi, haha. Seru banget. Berasa liburan. Padahal dari pagi sampe hampir ke sore kami capek ambil data. Tapi semangat bermain kami masih aja ada, dasar anak muda. Setelah capek, kita balik ke dekat dermaga.
pict by Darin
Di deket dramaga tuh cozy banget tempatnya. Di bawah kanopi besar, terdapat meja panjang di sepanjang kanan dan kirinya. Di tengahnya ada beberapa kursi santai juga. Sambil selonjoran di kursi santai, gue liatin anak-anak yang main voli. Mereka buat lingkaran, dan kalo ada bola yang bisa ditangkep, mereka harus push up 5 kali. Gue gak ikutan, gue gak terlalu mahir voli, ntar malah gue kebanyakan push up nya daripada mainin bolanya. Gue suka banget sama keceriaan di Pulau Genteng, ngambil datanya gak kerasa, gak kayak pulau-pulau sebelumnya.
Besoknya, tanggal 31 Agustus 2017, kami ke Pulau Macan Kecil. Fyi, Pulau Macan ini pulau wisata beneran. Maksud gue, di sini sudah berkembang ekowisatanya. Pas gue dan temen-temen sampe sana. Gue disambut sama pekerja di sana dan diperingatkan untuk tidak berisik karena saat itu banyak tamu. Gue beruntung banget bisa ke sini, gimana nggak? Butuh sekitar 2,4 – 2,8 juta lo bisa berlibur kesini 2 hari 1 malam. Dan gue ke sini gratis, hanya berandalkan simaksi (surat izin masuk kawasan konservasi) and here we are!
Pict by Stark! In frame: Atas (Widi-Sihar-Jordan-Geza), Bawah (Darin-Reki-Uti-Asrul-Dwi)
Terus di sini ada apa aja sih? Keren coy! Ini pulau emang kecil, kecil banget, tapi tata ruangnya mantep. Semua lahan digunakan sebaik-baiknya. Di setiap pinggir-pinggir pulau terdapat penginapan. Penginapan di sana terbuka menghadap laut. Terbukanya tuh beneran terbuka. Kayak sebuah ruangan persegi dengan   hanya 3 dinding di sekitarnya, sedangkan dinding lainnya tidak ada dan menghadap ke laut. Yaah, paling Cuma di gorden-in doang kalo dingin pas malem. Penginapannya juga macem-macem sih. Ada yang berupa rumah juga. Tapi sumpah, keren banget. Suka!
Sumber: web natgeo
 Kamar mandinya umum, jadi kalo lo mau mandi, lo musti ngantre. Gue Cuma nemuin 3 kamar mandi sih. Tapi mungkin buat yang penginapan yang berbentuk rumah ada kamar mandi di dalamnya. Kamar mandinya juga bagus banget, dibentuk dari batu-batu alami gitu tapi cukup mewah. Airnya juga tawar. Yaahh, dapet kabar sih airnya itu impor dari Pulau Sebaru Besar, bukan asli air sana.
Sumber: web natgeo
Ada mushola juga, panggung pendopo gitu juga. Tapi enak, bawaannya nyaman deh kalo di sana.  Oh iya, gue udah bilang belum? Kan penginapannya tuh kayak panggung gitu kan lantainya. Dan kalian harus tau! Di sana banyak biawak! Gue selama ambil data infrastruktur di sana menemukan dua biawak. Dia jalan aja tuh biasa ke kolong-kolong panggung, terus masuk ke air laut, terus naik lagi, terus ke semak-semak, terus nyebrangin jalan setapak. Duh! Tapi tenang, mereka takut manusia deh. Soalnya pas dideketin kabur, jadi pas mau ambil video si biawak kita ngendap-ngendap. Entah ini sial atau nggak, pas kami lagi ngendap-ngendap, si biawak malah eek di depan kita, ew! Dasar binatang. Ahh, reptil satu ini mengingatkan gue dengan komodo. Ahh, jadi pengen ke Pulau Komodo yang belum kesampean haha. Gapapa lah, komodo versi kecil dulu, baru komodo asli, hehe.
pict by Darin
Siangnya, setelah gua puas berkeliling-keliling pulau Macan, gue ambil data bentik. Berhubung anak Oseano udah selesai ambil data. Kami minjam satu GPSnya. Jadi gini, kemarin pas ambil data di Melintang, datanya belum di back up, tapi udah dihapus, jadi kami harus ngulang ambil data di sana lagi. Duh, sampe bapak di Pulau Melintang nanyain ke mereka apa mereka mau nyari hp lagi, wkwk.
Yahh, pokoknya gue gak ikut ke Melintang. Tugas gue di tubir Macan Kecil. Asal lo tau, Pulaunya aja yang ukurannya kecil, tapi tubirnya astaga luaaaasss sekali. Tuh liat gambar di bawah ini, yg warna cyan itu tubirnya, dan kami harus menelusurinyaTubirnya nyatu dengan pulau sebelah, Pulau Macan Gundul.  Jadi banyak wisatawan yang naik kano, atau berenang, atau berjalan juga bisa ke pulau sebelah. Berhubung di Pulau Macan gak ada pantai, kalo mau main pantai ya ke Macan Gundul itu.
Map by Yustie!
Sekelilingnya tuh biasa aja sih, rubble, pasir, alga, lamun, sedikit karang hidup, tapi pas nyampe tubir karang hidupnya banyak. Tapi sejujurnya, sesungguhnya, sebenarnya, karang yang bagus itu justru yang berada di dekat dermaga. Mungkin karena tubir dermaga itu jaraknya dekat, jadi tanpa perlu jauh-jauh udah nemuin spot keren di sana. Kebetulan mereka juga bilangnya ekowisatanya jalan, jadi pas gue liat di sekitar dermaga emang mereka transplan karang gitu. Yaah, keren deh. Coba aja pulau-pulau sebelumnya yang didatangi yang kayak begini. Untung banget gue haha.

OH! Gue juga mau cerita. Gue di sini ketemu Jessica. Dia lulusan ilmu kelautan UNPAD. Dia cerita pekerjaannya, dan yaampun! Yang gini loh pekerjaan yang gue incer itu. Di bidang konservasi. Gak mesti WWF atau Natgeo tapi yang gini juga gapapa. Gue suka ngiri sama mereka yang kerja di bidang konsevasi, baik di darat atau di laut. Rasanya seru. Soalnya ketemu alam terus. Gue emang bukan anak klub pecinta alam (Gue selalu gak dibolehin sama nyokapL) tapi alam seperti menarik gue untuk mencintainya. Nature make me comfy. Rasanya bosen aja kalo misal gue kerjanya cuma di kantor, hff.

Semoga gue bisa begitu, gak musti Pulau Macan, asal bidang konservasi! Semoga.

Bye, sampai jumpa di cerita selanjutnya!
pict by Mufti using Drone

No comments:

Post a Comment

pembaca yang keren adalah pembaca yang meninggalkan jejak :D
tapi tolong, jangan komen iklan atau promosi ya!